Kloter Pertama Jemaah Haji Asal Jawa Barat Tiba di Asrama Haji Bekasi

Bekasi - Kloter pertama jemaah haji dari wilayah Jawa Barat tiba di Embarkasi Haji, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Para jamaah kloter pertama tersebut berdomisili asal Kabupaten Subang.

Pantauan detikcom, Jumat (3/6/2022), para jemaah haji mulai berdatangan menggunakan bus. Mereka diarahkan panitia haji menuju aula untuk diberikan arahan dan kata sambutan.

Setelah itu, para jemaah lalu melengkapi surat-surat di pintu keluar. Panitia haji sigap membantu dan mengarahkan para jemaah menuju gedung asrama yang sudah ditentukan.

Menurut Kakanwil Kemenag Prov Jawa Barat selaku Ketua PPIH Emberkasi Jakarta-Bekasi, Ajam Mustajam, mengatakan jemaah kloter pertama berjumlah 408 orang. Mereka dibagi menjadi 10 rombongan dan 40 regu.

"Jamaah ini berasal dari Kabupaten Subang yang jumlahnya 408 jamaah yang terdiri dari petugas kloter 4, PPHD (panitia penyelenggara haji daerah) 2," ucap Ajam saat ditemui di luar aula Embarkasi Haji.

Menurut Ajam, kloter pertama yang datang seharusnya 410 orang, namun dua orang calon jemaah dinyatakan sakit. Para jemaah kata Ajam dapat mengikuti kloter selanjutnya jika keadaan mereka membaik.

"Menurut kabar dari PPIH (panitia penyelenggara ibadah haji) Kabupaten Subang jadi ada yang tertinggal karena sakit, dan mudah-mudahan kalau sakitnya sudah sembuh akan diberangkatkan di kloter berikutnya," ucapnya.

Para jemaah akan dikarantina selama 24 jam di embarkasi. Besoknya para jemaah akan diberangkatkan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Besok pukul 3 dini hari kita akan diberangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta dan insyaallah menurut informasi akan di lepas oleh pak Wamen dan pak Wagub," ujarnya.(dtc)

TERKAIT