Prabowo Terharu Kumpulkan Purnawirawan Elite TNI di Hambalang

Jakarta -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggelar acara halalbihalal dengan para purnawirawan TNI di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (31/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut para senior dan mantan komandan Prabowo, salah satunya eks Danjen Kopassus yang kini menjabat Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (PEPABRI) Jenderal (Purnawirawan) Agum Gumelar.

Hadir juga sejumlah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) antara lain Laksamana (Purnawirawan) Bernard Kent Sondakh, Laksamana (Purnawirawan) Tedjo Edhy Purdijatno, serta eks Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purnawirawan) Imam Sufaat.

Prabowo mengaku terharu dengan kehadiran para purnawirawan TNI itu. Menurutnya, sosok-sosok tersebut merupakan senior dan mantan komandannya semasa dinas di TNI.

"Saya sangat terharu. Saya sangat merasa sangat-sangat dihormati. Karena hadirnya begitu banyak senior saya. Begitu banyak panutan saya, pembina saya, mentor saya, mantan-mantan komandan saya," ujar Prabowo dalam keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (2/6).

Selain purnawirawan, turut hadir dalam acara itu Hardjanti Wismoyo Arismunandar. Dia merupakan istri mantan komandan Prabowo, almarhum Jenderal (Purnawirawan) Wismoyo Arismunandar. Prabowo mengaku semakin terharu dengan kedatangan Hardjanti.

Wismoyo adalah Pangkostrad periode 1990-1993 danKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) periode 1993-1995.

"Terutama hadir di sini Ibu asuh kita. Ibu komandan saya, Ibu Hardjanti Wismoyo Arismunandar," kata Prabowo.

Selain itu, hadir mantan Pangkostrad Letnan Jenderal (Purnawirawan) M. Tarub, Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) Saiful Sulun, dan mantan Wakil Ketua MPR RI Letnan Jenderal (Purnawirawab) E E Mangindaan.

"Hadir di sini beberapa mantan Panglima Kostrad, beberapa mantan Pangdam, beberapa mantan Danjen Kopassus, beberapa Panglima Armada, beberapa Panglima Operasi Angkatan Udara, para mantan komandan pasukan dari pelaut penerbang dan seluruh purnawirawan yang saya banggakan," kata Prabowo.

Sementara itu, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purnawirawan) Subagyo Hadi Siswoyo mengirimkan video menyapa Prabowo dan para purnawirawan lainnya lantaran tidak bisa hadir secara fisik dalam acara halalbihalal itu.

Subagyo adalah mantan komandan Prabowo yang merupakan Danjen Kopassus pada September 1994 hingga Desember 1995. Selain itu, Subagyo juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden di periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejak momen Hari Raya Idulfitri lalu, Prabowo kerap menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh politik hingga agama bertajuk halalbihalal atau silaturahmi.

Namun, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim pertemuan itu sebatas halalbihalal dan silaturahmi. Menurutnya, terlalu dini jika agenda Prabowo itu dikaitkan dengan Pilpres 2024.

"Dan memang bahwa itu ditafsirkan oleh beberapa pihak melakukan kegiatan politik, saya pikir, untuk pilpres misalnya itu masih terlalu dini, karena yang dilakukan hanya memang halalbihalal dan silaturahmi Idulfitri," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (9/5).(cnn)

TERKAIT