Kunker ke Jatim, Wapres Tinjau Pembangunan Hunian Korban Erupsi Semeru

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada hari ini, Kamis (2/6/2022).

Wapres beserta istri Wury Ma’ruf Amin bertolak menuju Surabaya, dengan menumpang Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Setibanya di Surabaya, Wapres dijadwalkan menumpang helikopter menuju Lumajang untuk mengecek langsung pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) korban erupsi Gunung Semeru.

Di area huntap/huntara ini, Wapres juga akan berdialog dan menyerahkan bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat dan lansia produktif di daerah tersebut.

Selanjutnya Wapres akan kembali ke Surabaya untuk memberikan bansos kepada masyarakat di Gedung Balai Pemuda Sisi Barat Alun-alun Kota Surabaya.

Kemudian pada Jumat 3 Juni 2022, agenda kunker Wapres yakni melakukan napak tilas ke Pondok Pesantren (Ponpes) tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) mulai dari KH. Hasyim Asy’ari, Wahid Hasyim, hingga Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca juga: Wapres: Pemikiran Buya Syafii Maarif Sangat Menyejukkan, Dapat Diterima Lintas Generasi

Mengutip keterangan dari Biro Pers Media dan Informasi Setwapres, Wapres diagendakan ke Ponpes Darul Ulum, Desa Rejoso, Peterongan, Jombang.

Tiba di Ponpes Darul Ulum, Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin disambut oleh Pimpinan Ponpes dan di tempat ini Wapres menyaksikan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Santripreneur oleh Ketua Baznas.

“Pada kesempatan ini Wapres menyempatkan diri untuk berziarah ke makam KH Romly Tamim,” tulis keterangan tersebut.

Setelah melakukan ziarah, selanjutnya Wapres melakukan kunjungan ke Ponpes Amanatul Ummah, Jl. Raya Tirtowening, Paras-Kembangbelor-Pacet, Mojokerto.

Selanjutnya Wapres menuju Institute KH Abdul Chalim di Pacet, Mojokerto. Pada kesempatan ini, Wapres mengikuti acara sarasehan bersama Pimpinan Pusat dan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan Alim Ulama.

Kemudian pada hari berikutnya Sabtu 4 Juni 2022, Wapres melanjutkan napak tilas ke Ponpes Tebuireng, Jombang untuk halal bihalal dan Temu Alumni Nasional Pesantren Tebuireng hingga Pemberian Bantuan kepada Santripreneur. Di tempat ini tak lupa Wapres juga Ziarah ke makam Hasyim Asy’ari, Wahid Hasyim, dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Sebelum kembali ke Jakarta, Wapres akan ke Ponpes Mambaul Ma’arif untuk meresmikan Universitas KH Wahab Hasbullah (UNWAHA). Menutup rangkaian kunjungan kerjanya, Wapres akan singgah ke Makam Pahlawan Nasional K.H A. Wahab Chasbullah untuk berziarah.

Turut hadir dalam rombongan ini Noor Achmad, Kepala Badan Amil Zakat Nasional, Saidah Sakwan, Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Ahmad Erani Yustika Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Masduki Baidlowi Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi, Masykuri Abdillah Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Umum, dan Robikin Emhas Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan.(ozc)

TERKAIT