Ma'ruf Amin Pimpin Sementara Pemerintahan Selama Jokowi di Luar Negeri

Jakarta -- Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan memimpin sementara pemerintahan selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah kunjungan kerja ke luar negeri.

"Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," kata Jokowi dalam konferensi pers jelang melakukan sejumlah kunjungan luar negeri, Minggu (26/6).

Jokowi akan melakukan kunjungan ke empat negara dalam perjalan ke luar negara. Pertama, Jokowi akan menuju ke Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Selanjutnya, Jokowi akan bertolak ke Ukraina untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Kemudian, Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam kunjungan di dua negara itu, Jokowi membawa misi perdamaian Ukraina.

"Terakhir saya akan berkunjung ke UEA untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan UEA," kata Jokowi.

Sementara, mengutip Detik, Jubir Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyebut tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma'ruf Amin karena sudah sering kali menjadi pemimpin nasional saat Jokowi berkunjung ke luar negeri.

"Tidak ada persiapan khusus, karena sudah beberapa kali Presiden bepergian keluar negeri dan Wakil Presiden secara otomatis akan menjadi pimpinan nasional pengganti Presiden," kata Masduki Baidlowi kepada wartawan, Minggu (26/6).

Masduki menerangkan, saat ini rutinitas yang tengah dijalankan adalah rapat koordinasi dengan para menteri koordinator dan kementerian terkait untuk membahas sejumlah permasalahan. Tak hanya itu, Ma'ruf Amin juga akan memimpin rapat terbatas selama Jokowi ada di Eropa.(cnn)

TERKAIT