Demokrat Ungkap AHY Temui Prabowo di Kertanegara Malam Ini

Jakarta - Partai Demokrat menyebut Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kepala Bakomstra DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan AHY akan bertandang ke Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pukul 19.00 WIB.

"Benar, rencananya demikian. Rencananya pukul 19.00 WIB. Lokasinya di Kertanegara atau K4, tempatnya Pak Prabowo," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Herzaky menjelaskan pertemuan AHY dengan Prabowo dalam rangka silaturahmi. Dia mengatakan pertemuan ini sudah direncanakan sejak AHY menggelar Silaturahmi 360 Derajat.

"Ini silaturahmi yang sudah lama direncanakan sejak Ketum AHY melakukan Silaturahmi 360," ujar Herzaky.
AHY Temui Surya Paloh

Sebelumnya, AHY mengunjungi markas Partai NasDem untuk bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada Kamis (23/6). Surya Paloh menyebut pihaknya sangat terbuka untuk berkoalisi dengan Partai Demokrat pada Pilpres 2024. Namun rencana koalisi itu belum diputuskan oleh Paloh.

"Kemungkinan itu ada. Cukup besar. Cuma kan belum hari ini," ucap Paloh kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Paloh menerangkan, kedekatan NasDem dengan Demokrat menjadi modal awal untuk membentuk koalisi bersama. Dia mengatakan NasDem kini sedang membenahi sektor internal partai.

"Chemistry itu ada. Itu modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu. Kita lihat perkembangannya juga. Tidak hanya kita mengenal, harus tahu kemampuan kita dan kelemahan kita," ungkap Paloh.
Prabowo Bertemu Cak Imin

Sementara itu, Prabowo Subianto sudah menerima kunjungan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Prabowo menyebut pertemuan tersebut dalam bentuk membangun kerja sama.

"Baru saja saya menerima kunjungan dari Ketum PKB beserta jajaran pimpinan puncaknya tadi, Cak Imin, walaupun memang sahabat lama dan kita sebenarnya sudah melakukan diskusi intensif selama beberapa bulan ini," kata Prabowo kepada wartawan, Sabtu (18/6/2022).

Prabowo mengatakan pertemuan tersebut membicarakan kerja sama yang akan dibangun. Menurutnya, Gerindra dan PKB siap menghadapi proses Pemilu 2024.

"Namun malam hari ini saya mendapat kehormatan menerima beliau Ketum PKB di Kertanegara Nomor 4 ini dan kita melanjutkan pembicaraan-pembicaraan yang intensif, tentunya kita semua sadar bahwa bangsa kita, negara kita akan menghadapi proses politik menjelang 2024 pilpres, pileg dan di ujungnya pilkada. Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting," ucapnya.

Prabowo mengatakan Gerindra dan PKB siap menjalankan tanggung jawab tugas kenegaraan tersebut. Dia mengatakan akan melaksanakan tugas tersebut sebaik mungkin.

"Sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang begitu besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut dan kami berminat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Dia mengatakan Gerindra dan PKB telah mencapai titik-titik pertemuan dan kerja sama. Dia menyebut keduanya telah menyepakati kerjasama untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Dengan demikian, komunikasi antara Gerindra dan PKB berjalan dengan intensif dan juga dengan partai-partai lain tetapi alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan di mana kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu pilpres, pileg, dan pilkada 2024," ujar Prabowo.(dtc)

TERKAIT