Gempa Dahsyat Guncang Afghanistan, 40 Orang Tewas

Jakarta - Gempa bumi dahsyat mengguncang Afghanistan dan menewaskan sedikitnya 40 orang. Lebih dari 60 orang lainnya dilaporkan luka-luka akibat gempa yang terjadi di daerah yang berbatasan dengan Pakistan itu.

"Kami menyerukan lembaga-lembaga bantuan untuk memberikan bantuan segera kepada para korban gempa untuk mencegah bencana kemanusiaan," kata juru bicara pemerintah Afghanistan, Bilal Karimi setelah gempa seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (22/6/2022).

Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) seperti dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (22/6/2022), gempa bumi Magnitudo (M) 6,1 itu mengguncang bagian padat penduduk Afghanistan dan Pakistan pada Rabu (22/6) dini hari waktu setempat.

USGS menyebut gempa bumi itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari kota Khost di Afghanistan tenggara pada kedalaman 51 km.

Kepala kementerian bencana alam pemerintahan Taliban, Mohammad Nassim Haqqani, mengatakan mereka akan memberikan informasi terbaru setelah mereka menyelesaikan penyelidikan lebih lanjut.

"Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau kematian di Pakistan," ujarnya.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) menyatakan dalam postingan di Twitter bahwa guncangan dirasakan lebih dari 500 km oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan dan India.

Menurut laporan saksi yang diposting di situs web EMSC dan Twitter, guncangan gempa juga terasa di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta ibu kota Pakistan, Islamabad.

"Guncangan kuat dan lama," ujar seorang saksi dari Kabul dalam postingan di EMSC.(dtc)

TERKAIT