Bocoran Harga Mobil Baru Honda: Harga Lebih Miring dari BR-V

Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) nampaknya tengah menyiapkan produk baru. Apakah wujud nyata dari SUV RS Concept?

Kode baru mobil Honda itu muncul dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor Samsat DKI Jakarta. Tertulis "DG47" untuk transmisi manual dan "DG48" transmisi otomatis. Kode itu juga disertai angka 1.5 menandakan bakal tersemat mesin 1.500 cc.

Kode DG juga sebelumnya terpasang pada bodi generasi baru Honda BR-V. Itu merupakan jawaban Honda untuk bersaing di pasar Low SUV.

Sekali lagi, Honda tengah menyiapkan amunisi untuk menggairahkan pasar SUV. Setelah HR-V, apakah produk barunya tersebut merupakan sebuah small SUV? Sebagaimana diketahui, segmen tersebut sudah diramaikan merek Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Beberapa waktu yang lalu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan SUV RS Concept itu merupakan bentuk mobil untuk model small SUV.

"Bisa aja mobil itu berbeda, bisa membuat mobil A, mobil B, mobil C. Kalau ditanya itu apa, ya itu small SUV Compact," kata Billy.

Dalam kode baru itu tipenya terbagi atas lima varian, yakni 1.5 E M/T, 1.5 E CVT, 1.5 RS M/T, 1.5 RS CVT, dan 1.5 RS CVT Z. Apakah tipe-tipe ini menuju wujud produksi massal dari ZR-V?

Di sisi lain NJKB dari mobil ini lebih murah dari Honda BR-V. Berikut daftarnya;

- DG47 1.5 E MT Rp 163.000.000
- DG47 1.5 RS MT Rp 180.000.000
- DG48 1.5 E CVT Rp 171.000.000
- DG48 1.5 RS CVT Rp 188.000.000
- DG48 1.5 RS CVT Z Rp 189.000.000

Sebagai catatan informasi harga itu belum termasuk pajak Bea Balik Nama, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, dan sebagainya. Namun sebagai pembanding, daftar tersebut di atas masih lebih murah dari NJKB BR-V, yang start dari Rp 194 juta.

Kalau melihat tren atau kebiasaan yang dilakukan Honda selama ini, SUV RS Concept hampir pasti akan diproduksi sebagai sebuah mobil massal. Contohnya seperti Small RS Concept yang jadi All New Brio atau N7X Concept yang kemudian dirilis menjadi All New BR-V.

Saat ini SUV RS Concept juga tengah melakukan roadshow di Indonesia. Setelah sebelumnya berkunjung dan dipamerkan di berbagai kota di Pulau Jawa seperti di kota Surabaya (Jawa Timur), kota Bandung (Jawa Barat) dan kota Semarang (Jawa Tengah), mobil konsep Honda SUV RS juga menyambangi wilayah Indonesia bagian timur untuk pertama kalinya dengan tampil sebagai display utama pada Honda Exhibition yang diselenggarakan oleh Honda Outside Java di Main Atrium Trans Studio Mall Makassar.(dtc)

TERKAIT