Hari Pertama Kerja, Zulkifli Hasan Kaget Harga Bahan Pokok Naik Semua

Jakarta -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan di hari kerjanya sebagai pembantu Jokowi di Pasar Cibubur, Jakarta Timur. Ia mengaku kaget mendengar keluhan pembeli dan penjual terkait harga yang mahal.

"Saya terus terang shock juga karena pembelinya ngeluh, yang jual juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat," ujar Zulkifli di Pasar Cibubur, Kamis (16/6).

Zulkifli mengujungi Pasar Cibubur mulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Dalam kunjungannya, ia mendengar sendiri harga bahan pokok yang naik kecuali beras.

Kenaikan dialami cabai merah yang harganya melesat dari Rp80 ribu menjadi Rp100 ribu per kg. Kemudian, telur dari Rp26 ribu naik ke Rp29 ribu per kg. Ayam dari Rp21 ribu naik ke Rp26 ribu per kg.

"Kalau daging sapi naik juga, tapi pembelinya turun drastis. Mungkin katanya akibat isu PMK itu," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan masalah utama kenaikan harga bahan pokok disebabkan oleh ketergantungan pada impor. Pasalnya, sejumlah bahan pokok yang naik berasal dari impor.

Oleh karena itu, Zulkifli mengatakan Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan kementerian lainnya dalam mengendalikan ketersediaan dan harga bahan pokok.

"Tentu kita akan mengerjakan bareng-bareng dengan kementerian terkait. Dan saya kira juga tidak mudah ujar apalagi terkait pangan impor," ujar Zulkifli.(cnn)

TERKAIT