Jokowi Dikabarkan Akan Temui Presiden Rusia Putin di Moskow

Jakarta -- Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, dilaporkan akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskow pada 30 Juni mendatang.

"Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkannya sekarang," kata salah satu sumber kepada media Rusia, TASS, pada Selasa (14/6).

Sumber itu kemudian berujar, "Presiden Joko Widodo dari Indonesia akan berkunjung ke Moskow pada 30 Juni."

Indonesia, lanjut dia, merupakan mitra penting Rusia. RI mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang intensif dengan Moskow.

Tahun ini, Indonesia memangku presidensi G20 dan menjadi tuan rumah dalam konferensi tingkat tinggi di Bali pada November mendatang. Pemerintah kemudian mengumumkan mengundang Rusia untuk hadir di forum ekonomi tersebut.

"Kami [Rusia] pasti akan datang," kata sumber tersebut.

Namun, dia tak memberikan rincian lebih lanjut terkait pernyataan itu.

"KTT akan berlangsung pada 15-16 November, ada banyak waktu, kita lihat saja," lanjut sumber itu.

Indonesia tengah menjadi sorotan sebagai presidensi G20 di tengah invasi Rusia di Ukraina.

Sikap RI itu menuai kritik dari sejumlah pihak, terutama negara Barat. Amerika Serikat misalnya, sempat mengancam akan memboikot forum itu.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, untuk meminta konfirmasi soal kabar rencana Jokowi temui Putin di Moskow.

"Saya tidak bisa mengonfirmasi berita tersebut," ujar Teuku Faizasyah, Rabu (15/6).

wartawan juga telah menghubungi Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono, untuk meminta konfirmasi kabar tersebut

Namun, Heru Budi belum merespons hingga berita ini dipublikasi.(cnn)

TERKAIT