Isu Reshuffle Kabinet, PAN Klaim Dapat Posisi Menteri

Jakarta -- Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya mengaku sudah mendapat informasi bahwa partainya mendapat satu kursi menteri lewat reshuffle kabinet.

"Infonya kalo posisi menteri, [dari PAN] mungkin satu," ujar Bima kepada wartawan di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (14/6).

Dia mengatakan PAN sudah menyiapkan nama kader untuk masuk ke dalam kabinet Presiden Jokowi. Akan tetapi, ia tidak membeberkan nama kader yang dimaksud.

Dia hanya mengatakan bahwa reshuffle kemungkinan besar dilakukan Presiden Jokowi dan PAN mendapat jatah di kabinet. PAN pun siap di posisi apapun.

"Ya kami mendengar informasi yang sangat kuat, bahwa kemungkinan besar reshuffle akan dilaksanakan," ujar Bima.

"Kami sudah menyiapkan kader tentunya nama-nama itu ada di Ketum (Zulkifli Hasan). Kami percayakan sepenuhnya pada Ketum," tegasnya.

Bima tidak bicara lebih banyak soal reshuffle kabinet termasuk pergantian di posisi wakil menteri. Namun, ia memastikan PAN siap membantu pemerintahan Presiden Jokowi.

"Artinya PAN sudah sangat siap untuk memperkuat Presiden Jokowi," ujar Bima.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut PAN bakal mendapat kursi menteri agraria. Dia mengaku sudah mendapat informasi itu.

"Dengar-dengarnya [PAN dapat Menteri ATR/BPN]," kata Jazilul saat dikonfirmasi, Senin (13/6).

"Tapi saya enggak berani berspekulasi. Sabar saja menunggu keputusan presiden," ujarnya.

Isu reshuffle kabinet yang mencuat sudah direspons oleh Seskab Pramono Anung. Namun, ia tak menyatakan dengan tegas apakah reshuffle dilakukan dalam waktu dekat atau tidak.

"Itu kewenangan sepenuhnya Presiden, mau kapan orangnya, dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa, presiden yang tahu," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).(cnn)

TERKAIT