8 Bansos yang Akan Cair Juni 2022, Ada BLT Gaji Rp 1 Juta

Jakarta - Ada berbagai bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah yang dijadwalkan akan siap cair bulan Juni 2022. Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) seperti minyak goreng kepada 20,5 juta keluarga yang terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) hingga bantuan subsidi Upah (BSU) atau BLT gaji.

Dalam catatan detikcom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya pernah mengatakan terkait untuk perlindungan masyarakat realisasinya sudah 49,27 triliun. Setidaknya, ada 8 bansos yang akan cair bulan Juni ini. Lalu, apa saja 8 bansos yang akan cair di bulan Juni 2022?
Daftar Bansos yang Bulan Juni 2022

Berikut adalah daftar 8 bansos akan cair di bulan Juni 2022, yang telah dirangkum detikcom:
BSU atau BLT Gaji

Pencairan BSU atau BLT gaji Rp 1 juta kembali dilakukan oleh pemerintah di 2022 ini. Pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 8,8 triliun. Rencananya, BLT gaji Rp 1 juta ini akan dibagikan kepada 8,8 pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Chairul Fadly Harahap mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang merancang proses penyaluran BSU mulai dari regulasi hingga kriteria penerimanya.

"Saat ini Kemnaker masih mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 berupa Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker), guna memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," kata Chairul kepada detikcom, Selasa (10/5/2022) lalu.
BLT Minyak Goreng

Pemerintah telah mengumumkan akan memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp 300.000. Bantuan ini untuk membantu masyarakat meringankan beban di tengah tingginya harga minyak goreng.

Kementerian Sosial mengatakan penyaluran BLT minyak goreng dilakukan bulan April 2022. Penyaluran untuk BLT minyak goreng disebut dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

"Indeks bantuan Rp 100.000/bulan selama tiga bulan April Mei, Juni yang disalurkan sekaligus Rp 300.000," tulis Instagram @kemensosri.

Untuk target penerimanya dibagi menjadi dua rumpun. Pertama rumpun yang termasuk dalam daftar BPNT dan PKH. Rumpun ini tanggung jawab Kementerian Sosial, di mana alokasi anggaran senilai Rp 6,2 triliun untuk menyasar 20,65 juta orang.
BLT UMKM

BLT UMKM sebesar Rp 600 ribu akan terus berlanjut pada 2022. Pencairan BLT UMKM, direncanakan akan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satria mengatakan bahwa proses pencairan BLT UMKM baru akan dilakukan usai Lebaran. Pencairan belum bisa dilakukan, karena masih menunggu anggaran dari Kementerian Keuangan.

"(Pencairan BLT UMKM) masih konsolidasi anggaran di Kementerian Keuangan, baru proses habis Lebaran," kata Eddy kepada detikcom, beberapa waktu lalu.
Bansos PKH

Ibu hamil menjadi salah satu sasaran penerima BLT melalui program keluarga harapan (PKH). Dilansir dari laman resmi kemensos.go.id, untuk bunda yang sedang mengandung dapat menerima bansos PKH Ibu Hamil sebesar Rp 3 juta. Bansos ini disalurkan melalui bank BUMN (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN). Kementerian Sosial mengumumkan penyaluran bansos PKH dilakukan bulan April hingga Juni 2022, berbarengan dengan BLT minyak goreng dan sembako.
Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Pemerintah juga meluncurkan bantuan tunai pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW). Dilansir dari laman resmi covid19.go.id, bantuan ini menyasar ke 2,5 juta PKLW, utamanya usaha makanan. Bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu, untuk tiap penerima manfaat dan akan disalurkan sekaligus sejak bulan April 2022 oleh TNI/Polri.
Bantuan Modal Usaha

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp 1,2 juta kepada para pedagang. Jokowi menjelaskan di tengah penyebaran virus COVID-19 mulai melandai, pedagang memerlukan tambahan modal untuk kembali menggerakkan usahanya.
Kartu Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 31 resmi dibuka pada Minggu (29/5/2022) lalu. Informasi pembukaan program Kartu Prakerja Gelombang 31 diumumkan di akun Instagram resmi @prakerja.go.id. Program kartu Prakerja di tahun 2022 anggarannya mencapai Rp 11 triliun. Sebelumnya disebutkan, anggaran itu merupakan 4,3% dari dana bantuan sosial dalam APBN 2022 yang totalnya mencapai Rp 252,3 triliun.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
BLT Dana Desa

Pada 2022 ini, BLT Dana Desa tetap akan bergulir. Sesuai PMK 190 tahun 2021 sebagai turunan Perpres 109 Tahun 2021, BLT Dana Desa dipatok minimal 40% dari anggaran Dana Desa. Besarannya Rp 300 ribu/bulan selama 12 bulan.

Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa 2022 diperluas. Tidak hanya masyarakat miskin, namun juga termasuk petani yang kena imbas pandemi atau karyawan korban PHK juga bisa merasakan program jaring pengaman sosial ini.

Nah, itu tadi daftar 8 bansos yang direncanakan cair bulan Juni 2022.(dtc)

TERKAIT