banner 468x60

Pemberontak Suriah rebut kota dari kendali ISIS

banner 160x600
banner 468x60

Kubu pemberontak Suriah mengklaim telah merebut Al-Rai, sebuah kota penting di bagian utara Suriah, dari kekuasaan kelompok milisi ISIS.

Perebutan Kota Al-Rai berlangsung beberapa hari melalui pertempuran sengit. Koresponden BBC di Libanon, Lina Sinjab, mengatakan Al-Rai merupakan kota strategis yang menghubungkan Turki dan Suriah.

Didudukinya kota itu oleh kubu pemberontak memudahkan mereka untuk mendapat pasokan logistik dari Turki sekaligus memutus rantai suplai ISIS ke Aleppo, kata komandan Brigade Al-Mutasim, Mohamed Hassan Khalil.

Lebih jauh, menurut Khalil, Al-Rai kini bisa dijadikan sebagai pangkalan bagi kubu pemberontak untuk melancarkan serangan melawan ISIS di bagian timur dan selatan.

Keberhasilan pemberontak merebut Al-Rai berlangsung hampir dua pekan setelah pasukan pemerintah Suriah mengusir ISIS dari Kota Palmyra.

Namun, bukan berarti kekuatan ISIS melemah secara drastis. Pemerintah Suriah mengatakan sedikitnya 200 orang hilang setelah ISIS menyerang sebuah pabrik dekat Damaskus.

Para pekerja dilaporkan dibawa dari asrama penginapan mereka di pinggir Kota Dumeir, sekitar 40 kilometer sebelah timur Ibu Kota Damaskus.

Lalu, pada awal pekan ini, milisi ISIS mengaku telah melancarkan serangkaian serangan di sekitar kawasan timur laut Damaskus, termasuk pembangkit listrik Tishrin dan pangkalan udara militer Dumeir.

http://www.bbc.com/indonesia/

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pemberontak Suriah rebut kota dari kendali ISIS"